Gerak Ritmik Berpasangan



Download materi in lengkap

Permainan Lempar Tangkap Bola Berpasangan dengan Kombinasi Gerakan Kaki Permainan lempar tangkap bola berpasangan merupakan rangkaian gerakan ritmik berpasangan dengan mengunakan bola. Alokasi waktu yang ditentukan adalah 15 menit. Siswa bermain lempar tangkap bola sambil melakukan gerakan kaki yang menjadikan permainan lebih menarik. Permainan lempar tangkap bola dengan pola berpasangan ini dilakukan pada gerakan inti yang berlangsung selama 9 menit. Proses permainan melalui 3 tahap yaitu pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pendinginan. Secara rinci dapat dipaparkan sebagai berikut:

1. Gerakan pemanasan (4 menit):
Gerakan pemanasan terdiri dari 2 gerakan yaitu gerak statis dan gerak dinamis.
a) Gerak statis (1) Gerakan kepala menunduk, menengadah, rebah ke kiri, dan kekanan masing-masing 1x8 hitungan (2) Gerakan tangan keatas, kebawah, kesamping kanan dan kiri masing-masing 1x8 hitungan. (3) Gerakan pinggang kesamping kanan, samping kiri, depan dan belakang masing-masing 1x8 hitungan. (4) Gerakan kaki meregang bergantian antara kanan dan kiri masing-masing 1x8 hitungan.
b) Gerak dinamis (1) Gerakan kepala menunduk menengadah, menoleh kekiri dan kekanan, merebahkan kepala kekiri dan kekanan masing-masing 2x8 hitungan. (2) Gerakan tangan pendek memanjang, keatas kebawah, dan leter s masing-masing 2x8 hitungan. (3) Gerakan pinggang kekanan dan kekiri, serta kedepan dan kebelakang masing-masing 2x8 hitungan. (4) Gerakan jumping jap, kaki buka tutup dan gerakan kordinasi masing-masing 2x8 hitungan. 2. Gerakan inti (9 menit) a) Siswa dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Masing-masing kelompok tersebut dibagi lagi menjadi 2 agar dapat berpasangan. b) Siswa berdiri berhadapan dengan pasangannya masing-masing dengan jarak tertentu yang mana setiap pasangan membawa sebuah bola.
c) Permainan lempar bola dilakukan dengan kombinasikan gerakan kaki maju mundur seperti berlari, gerakan kaki buka tutup dan gerakan jalan kesamping.
d) Jika gerakan kaki salah ataupun bola jatuh di dalam permainan maka siswa harus memulainya dari awal start.
 e) Kelompok yang paling dulu sampai di garis finis dengan teknik yang benar berhak menjadi pemenang. 3. Gerakan pendinginan (2 menit) Gerakan pendinginan dilakukan dengan pengaturan nafas yakni gerakan kaki mengangkang dan tangan melambai dari bawah keatas dan kembali ke bawah. Setelah gerakan pendinginan berakhir maka berakhir pulalah rangkaian gerakan ritmik berpasangan ini.
Gerak Ritmik Berpasangan Gerak Ritmik Berpasangan Reviewed by ekabanban on 2:06 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.